23 March 2008

WDR 2007: Pembangunan dan Generasi Mendatang

August 3, 2007

Hai para kaum muda, kaum yang pernah muda, ataupun yang peduli pada kehidupan kaum muda:

Setiap tahun Bank Dunia menerbitkan salah satu hasil penelitiannya dalam bentuk "World Development Report" (WDR). Setiap tahun, topiknya berganti dan untuk tahun 2007, kita sangat beruntung karena WDR memfokuskan pada Kaum Muda (Youth). WDR bertujuan untuk menjadi suatu referensi yang bersifat inspiratif bagi para pembuat kebijakan ataupun para agen perubahan. Konon, Bill Gates memutuskan untuk menginvestasikan hartanya pada bidang kesehatan karena dia membaca WDR 2003 yang menyoroti bidang kesehatan.

WDR 2007 mendefinisikan kaum muda berusia 12-24 tahun. Mengapa mengangkat topik kaum muda? Kaum muda adalah sosok penting dalam proses pembangunan, mereka penuh dengan energi dan kreatifitas. Mereka sedang mengalami transisi dalam hal pendidikan, kesehatan, masuk ke dunia kerja, berkeluarga, dan menjadi warga negara yang aktif. Dalam masa transisi tersebut, mereka rentan terhadap berbagai permasalahan kehidupan seperti putus sekolah, pengangguran, jerat narkotika, MBA (Married by Accident), terjun dalam dunia politik ekstrim, dsb. Oleh karena itulah merupakan tanggung jawab kita bersama untuk memastikan energi dan kreatifitas kaum muda tidak disalurkan ke jalur yang salah. Perlu adanya perluasan kesempatan, peningkatan kemampuan, dan kebijakan 'kesempatan kedua'.

Semua hal itu dibahas secara mendalam dalam WDR 2007. Semoga WDR 2007 dapat bermanfaat sebagai bahan diskusi ataupun referensi bagi para 'agent of change.'

No comments: